Tatacara Talqin

B. TatacaraTalqin

muslimin  Ahlissunah     waljamaah  menganggap    talqin   sebagai   bagian  dari  pemulasaraan mayyit.  kaifiat (tatacara)  talqin adalah  apabila  telah  selessai  menguburkan  mayyit,  maka  salah satu dari  mereka  duduk  didekat kubur dengan  membelakangi  arah kiblat  dan menghadap  kearah  kubur, kumudian  melakukan  talqin, hadirin yang ada disitu  mendengarkan  dan  mengambil  pelajaran  terhadap  bunyi  talqin itu.  karena  Nabi  SAW juga pernah berdiri  di dekat  kubur  mayyit  lelaki  dari  salahsatu  para  sahabatnya,  ketika  dikuburkan  beliau bersabda:………………..artinya:  mintalah  (kepada Allah) untuk dia agar tetap beriman”.

Adapun bunyi lafadz talqin  menurut syekh  Nasr  ,  yang  dibacakan  untuk  mayyit  ketika sudah  dikubur,    dengan  cara  orang  yang  mentalqin berada di dekat kubur,  adalah  sebagai  berikut:

Artinyah:   “Hai fulan, ingatlah  kepada  janji  yang kamu  pegang  ketika  keluar  dari  dunia,  yaitu  kesaksian  bahwa  tidak ada  tuhan selain  Allah, Dia sendiri  tanpa sekutu  bagi-nya, bahwa  muhammad  adalah  hamba Allah dan rasul-Nya, bahwa  Allah akan  membangkitkan  orang mati  di dalam kubur.  katakanlah : Aku rela  kepada Allah sebagai tuhan, sebagai Tuhan,    islam    sebagai    agama,  Muhammad SAW sebagai  Nabi, ka’bah  sebagi kiblat, Al.qur’an  sebagai  panutan,  dan  muslimin   sebagai saudara.  Tuhanku  adalalah  Allah,  tidak  ada tuhan  selain Dia, Dia  adalah  tuhan (yang memiliki) arasy  yang  agung”.   ini  adalah lafadz  talqin menurut  Nashr Al-muqaddasi dalam  kitabnya  At-Tahzib. lafadz talqin menurut ulama llain sama. ada yang lebih pendek kemudian di antara ulamaa adayang mengucapkan: ada yang lain mengucapkan:       ada yang menyambut nama mayit dilanjutkan dengan dan ada juga yang mengucapkan semuaya mempunyai maksud yang sama.

dalih

kalu bikin susah orang nanti jadi susah sendiri.

pada zaman sekarang ini,kebohongan,kecurangan,keculasan,begitu mudah di temukan .dalih atau alasan adalah sesuatu yg begitu mudah juga di temukan.

berdalih atau mencari cari sesuatu untuk di jadikan alasan memang kerap dilakukan seseorang ketika merasa sudah melakukan kesalahan atau sedang melakukan pembelaan diri.

berdalih adalah sesuatu yg dilkukan oleh orang yg salah  itu menurut luqman .karena bila orang itu benar ,ia mempunyai cukup fakta atau kenyataan yg biasanya tak terbantahkan daripada memberikan sejuta alasan ,yg terkadang tak masuk akal.

berdalih lebih identik dengan kebohongan ,dan kadang menyulitkan diri sendiri.keterusterangan adalah lebih baik daipada terus menerus  berdalih dan mengeluarkan berjuta juta alasan baru.

sesungguhnya ,allah tidk berbuat zalim terhadap manusia sedikit pun,manusia sendiri lah yg berbuat zalim untuk diri mereka sendiri”(qs.yunus;44)

ba’da maghrib ,bang dalih ke rumah luqman hakim,tentu saja bang dalih di sini bukan dalih yg artinya alasan.bang dalih yg datang ini adalah tetangga luqman ,bos buah di pasar cikokol.orang orang memanggilnya bos dalih.dan perkataan bang dalih ba’da maghrib itulah yg direkam dalam tulisan ini.

tadz(untadz maksudnya ) kalao ana,sih,prinsipnya gitu aja .kalo bikin susah orang nanti,susah sendiri ,sebaliknya ,kalo mudah urusan orang ,jadi mudah sendiri..kata bang dalih.mereka mengobrol ngalor ngidul .sebelumya,luqman tidak begitu kenal bang dalih .yah,luqman juga salah ,tidak banyak bersosialisasi dengan penduduk kampung .sehingga tidak banyak kenal dan terkesan sombong.luqman akrab ketika bang dalih sempet”memegang ”motor luqman karena masalah ke uangan.

sedikit kesimpulan bang dalih itu yg menarik untuk diekspos.memangnya demikian adanya ,bikin susah orang itu sama saja menyusahkan diri sendiri .mungkin yg paling tahu benar kalimat  ini adalah mereka  yg saat ini sedang meringkuk di balik sel.dan sebaliknya ,bila memudahkan orang lain,membantu urusnya ,sesungguhnya ia sedang membantu dirinya sendiri ,menolong dirinya sendiri ,dan mendatangkan kebaikan buat dirinya.

luqman sendiri kehidupanya banyak menyusahkan orang sehingga kehidupanya sempat sangat susah,jiwa tidak tenang ,hidup tidak nyaman ,dan sebagainya .bahkan,kini pun ia belum seratus persen meninggalkan kebiasaan buruk menyusahkan orang.

luqman berniat betul untuk mengubah kebiasaan buruknya.dan ini memang tidak mudah,makanya banyak para orang tua yg mengajarkan ,perbuatan buruk itu jangan di biasakan ,nanti jadi kebiasaan  sehingga susah untuk di hilangkan.sebaliknya ,kebaikan yg harus di biasakan ,biar menjadi karakter mental yg baik.dan nabi pun mengajarkan demikian.kata beliau dosa besar terjadi karena  tabungan dosa kecilbyg dilakukan terus menerus.

dalam urusan susah menyusahkan orang,tolong menolong kpd sesama ,kitalah yg memilih .mau hidup nyaman hidup enak,hidup tenang,jangan membuat masalah jangan membuat orang lain menderita .insya alloh ,apa yg dikatakan  bang dalih itu benar adanya ,membuat susah orang akan susah sendiri .dan bila mau hidup enak,hidup tenang dan bahagia lakukan sebanyk mungkin kebaikan.

karena kebaiakn itu dikali denagn kebaikan.wallzhu a’lam

sesungguhnya orang orang yg baik,senantiasa berda dalam kenikmatan .dan sesungguhnya  orang2 yg durhaka ,senantiasa berada  dalam kesusahan.(qs al infitthar 13-14)

reksadana syariah dan mekanisme investasinya 2

namun yg menjadi masalah adalah manager investasi (mi) perusahaan reksadana menginvestasikan dana yg di kelolanya ke produk ke uangan yg belum tentu sesuai dengan kaidah kaidah syariah .untuk itu lah di buat produk  reksadana syariah ,dimna dana yg di kelola hanya di investasikan pada produk keuangan yg sudah sesuai dengan aturan aturan syariah .seprti pada bang syariah ,perusahaan reksadana yg mengeluarkan produk reksadana syariah juga harus membentuk dewan pengawas syariah(dps) untuk mengawasi agar tidak melanggar rambu rambu syariah.

pertanyaan berikutnya ,bagaimana caranya memilih perusahaan reksadana yg tepat untuk megelola dana anda ?hm,memang sulit untuk menentukan  siapa yg anda percya untuk mengelola dana mengembangkan dana anda secara optimal,sehingga memberikan ke untungan bagi anda.

namun demikian ,ada paduan dan perlindungan hukum dari pemerintah yg melindungi kepentingan  masyrakat terhadap hal ini.di mana pemerintah mewajibkan perusahaan reksadana untuk menerbitkan prospektus yg berisi penjelasan  mengenai segala hal yg perlu  di ketahui oleh masyarakat  sebelum meutusakan untuk membeli up dan menjadi peserta perusahaan reksadana.

prospektus ini berisi”sejarah”pembentukan reksadana ,siapa saja seponsirnya ,dan berapa total dana yg di kelola .dalam prospektus juga cantumkan siapa  siapa saja para manajer investasi yg akan mengelola dana invesstasi anda .lali,bagaimana kebijakan umum investasi yg mereka lakukan.

selain itu,anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah perkembangan nab reksadana tersebut.nah,dengan mengetahui kinerja masa lalu,anda bisa melihat bagaimana selama ini kinerja reksadana tersebut di bndingkan kinerja reksadana yg lain.kinerja masa lalu memang tidak dapat menjamin kinerja yg akan datang ,namun stidaknya bisa memberikan gambaran  track recor nya selama ini.yah,semacam proyeksi.

lantas,bagaimana mekanisme untuk bisa berinvestasi pada reksadana syariah ?cukup mudah .anda bisa membeli up reksadana seperti halnya membuka rekening bank.selain di tempat pemasaranya ,biasanya ,biasanya perusahaan reksadana memiliki kerja sama dengan beberapa bank tertentu yg di jadikan sebagai tempat pemasaran reksadana. yah, anda tinggal mengisi formulir untuk membuka rekening di perushaan reksadana  yg bersangkutan dan menyetor sejumlah uang sebagai dana awal investasi.persis seperti  membuka rekening tabungan ,anda di minta untuk mengisi saldo  awal dengan batsan  yg sangat terjangkau  oleh masyarakat luas.ada yg hanya mensyratkan investasi awal rp 250.000saja dan ada pula yg mematok batasan minimal rp 1.000.000 relatif terjangkau ,kan?

tapi ingat ya,sebelum membuka rekening di perusahaan reksadana ,anda harus membaca dulu porspektusnya . ini untuk memastikan bahwa anda mengalami langkah langkah investasi  yg anda lalukan dan konsekuensinya.dan jangan ragu ragu  untuk bertanya kpd petugas yg membantu ,jika ada hal hal yg perlu anda pertanyakan.di prospektus juga di cantumkan biaya biaya yg akan di kenakan seperti biaya pembelian,penjualan kembali,fee manajer investasi (mii)dan sebagainya.nilainya memang tidak seberapa,tapipastikan saja anda memahami biaya biaya ini sebelum berinvestsi

untuk masyarakat yg tidak tinggal di kota besar,beberapa perusahaan reksadana memberikan kemudahan.seperti pembelian lewat atm dengan bekerja sama dengan bank tertentu.atau pelayanan lewat internet di mana anda bisa mengambil formulir dan prospktusnya di internet.setelah memiliki rekening di reksadana ,anda bisa kapanpun menarik, atau menambah nilai investasi anda.penambahan nilai investasi dilakukan dengan membeli lagi up dengan menyetorkan sejumlalah dana .simple kan?

sebaliknya,penarikan investasi dilakukan dengan cra menjual kembali up yg anda miliki ke perusahaan reksadana.menariknya lagi ,hampir semua reksadana di indonesia adalah reksadana terbuka,artinya anda bisa menjual kembali up yg dimiliki ke perusahaan reksadana .lain halnya dengan reksadana tertutp  dimana up nya harus di jual ke bursa.transaksi penjualan kelbali up biasanya memakan waktu paling lama 4 hari bursa,artinya ,dalam waktu 4 bursa ,reksadana anda sudah cair dan anda sudah bisa menerima uang tunai.

pengertian Talqin

BAB II

TALQIN i

A.pengertian Talqin

Di    antara tradis  kaum Ahlissunah waljamaah  adalah  Talqin mayyit, setelah mayyit  dikuburkan.   Talqin  secara bahasa  adalah  mengajarkan,       membimbing  atau  menuntun .  sedangkan arti   menurut istilah  adalah   mengajarkan  ucapan  La   ila  illallah  kepada  mayyit,  sesuai  dengan  hadits  riwayat  imam  Bukhari  dan  imam  muslim,  bahwa  Nabi SAW  bersabda:

Artinya  :  “Talqinlah   orang-orang  mati  di  antara kamu  dengan La ilaha illah”.

TAlqin  itu ada dua: 1.  Talqin  kepada orang  yang akan mati, dan  2. Talqin kepada orang yang sudah mati  dan sudah dikubur,  karena  kosakata  “Orang-orang   mati”  dalam  hadits  itu  bisa  bermakna  dua  : 1.    orang  yang  akan  mati, 2. orang  yang  telah  mati.  makna  kedua  lebih  mengena  daripada  makna  yang  pertama.

B.  Tatacara Talqin

muslimin  Ahlissunah      waljamaah

menganggap   talqin  sebagai  bagian dari   pemulasaraan   mayyit.    kaifat   (tatacara)  talqin  adalah  apabila   telah   selesai    menguburkan mayyit,  maka salah satu  dari  mereka  duduk  di  dekat  kubur  dengan   membelakangi  arah  kiblat dan menghadap  ke arah kubur,   kemudian  melakukan  talqin,  hadirin yang ada di  situ   mendengarkan  dan  mengambil pelajaran  tehadap  bunyi  talqin itu.  karena  NAbi SAW juga  pernah  berdiri  di dekat  kubur  mayyit  lelaki  dari  salahsatu  para  sahabatnya,  ketika  dikuburkan,

beliau  bersabda:     Artinya:  “mintalah (kepada Allah ) untuk  dia  agar  tetap  beriman”      Adapun  bunyi  lafadz talqin  menurut syekh nashr   ,  yang  dibacakan  untuk  mayyit  ketika   sudah  dikubur, dengan  cara  orang  yang  mentalqin  berada  di dekat  kubur,  adalah  sebagai  berikut: Artinya: ” Hai  fulan,  ingatlah  kepad  janji yang  kamu  pegang  ketika  keluar dari dunia, yaitu kesak sian  bahwa  tidak  ada  tuhan  selain  Allah,  Dia  sendiri  tanpa  sekutu bagi-nya,  bahwa  Muhammad adalah  hamba  Allah dan rasul-nya,   bahwa kiamat  akan  datang  tanpa  keraguan,  dan  bahwa Allah akan  membangkitkan orang mati  didalam kubur. katakan lah : Aku rela  kepada  Allah  sebagai Tuhan,   islam  sebagai  agama,  Muhammad   SAW sebagai  Nabi, ka’bah  sebagai  kiblat, Al-qur’an  sebagai  panutan,  dan muslimin sebagai saudara.  Tuhanku  adalah  Allah,  tidak  ada tuhan selain  dia,   Dia  adalah  tuhan  (yang memiliki)  arasy  yang  agung “. ini adalah  lafadz  talqin   menurut Nashr Al-muqaddasi   dalam  kitabnya  At-Tahdzib. Lafadz  talqin  menurut  ulama lain sama. Ada yang  lebih pendek.  kemudian  di  antara  ulama  ada yang  mengucapkan:………..adayang lain

mengucapkan:…………..ada yang menyebut nama mayyit  dilanjutkan  dengan   dan  juga   yang  mengucapkan  semuanya  mempunyai  maksud yang sama.

 

reksadana syariah dan mekanisme investasi

dewan syariah nasioanl(dsn)bentukan mui mempunyai tugas dan wewenang,antara lain mengeluarkan fatwa atas kegiatan ke uangan dan produk ke uangan.sampai sekarang,dsn -mui telah mengeluarkan fatwa  terkait keuangan industri ke uangan syariah,di keluarkan setelah memperhatikan  keputusan dan rekomendasi lokakarya alim ulama  tentang reksadana syariah pada juli 1997 dan pendapat pleo dewan syariah nasional pada april 2001.

terus terang ya, kami lebih meyakini fatwa mui ketimbang celetukan celetukan orang yg ilmunya masih setengan setengah  dan tidak terlembaga.tapi se enaknya menharamkna reksadana syriah .tapi mui,kan bisa salah? kalau fatwa mui saja bisa salah,yah apalagi fatwa ente/hehehe.karena pada prinsipnya ,mekanisme kerja reksadana bisa di bilang se jalan dengan pola bagi hasil (mudharabah0dalam islam .para pemodal (peserta reksadana)mengaji menejer investasi(dalam perusahaan reksadana) untuk melakukan investasi mereka .dan hasinya (untung maupun rugi) akan di bagi secara berimbang kpd peserta reksadana sesuai dengan jumlah dana yg mereka investasikan.(banykanya up)

jenis reksadana dan hasilnya 2

jika di lihat dari risiko yg melekat pada produk produk investasi di atas,maka yg paling berisiko adalah reksadana pasar modal,selanjutnya reksadana campuran ,reksadana pendapatan tetap,dan terakhir reksadana pasar uang yg memiliki risiko paling kecil.high risk,high return ,tentunya.

namun jika di lihat dari potensinya dalam memberikan keuntungan dan jangka waktu ideal untuk melakukan investasi,maka reksadana pasar uang adalah reksadana yg paling penedek jangka waktunya.di ikuti selanjutnya oleh reksadana campuran,dan terakhir reksadana pasar modal yg memiliki potensi ke untungan yg paling besar dalam jangka panjang.

salah satu tips memilih reksadana yg layak di beli adalah kinerjanya di masa lalu tidaklah menjamin kinerja di masa yg akan datang.akan tetapi,kinerja di masa lalu bisa kita jadikan sebagai referensi dalam menilai kelihaian dan kepiawaian manajer invetasi(mi)dalam menerapakan strategi-strategi investasinya.

pada tabel reksadana terbaik berdasarkan kinerja 1 tahun,ada beberapa reksadana yg nilainya kosong untuk kinerja 3 tahun atau 5 tahun .nah,ini menunjukan bahwa reksadana tersebut usianya belum mencapai 3 tahun atau belum mencapai 3 thun atau belum mencapai 5 tahun,sehungga belum ada nilainya.

sekarang coba kita perhatiakn ,reksadana terbaik berdasarkan kinerja 5 tahun,belum tentu masuk dalam reksadana terbaik berdasarkan kinerja 3 tahun maupun 1 tahun.kenapa?karena reksadana tersebut memiliki kinerja yg baik dalam jangka panjang (5tahunterakhir)tapi mungkin kinerjanya kalah di bandingakan dengan yg lain dalam waktu 3 tahun atau 1 tahun terkahir.

hal ini terjadi karena kinerjanya ”di balap”oleh reksadana baru yg belum berumur 5 tahun,atau bisa juga karena  karakter investasi reksadana tersebut cenderung baik dalam jangka panjang ,namun kurang baik jangka pendek.ibarat pelari maraton ,yg belum tentu menang jika harus lari jarak pendek melawan  pelari sprint.

begitu juga pelari sprint atau jarak pendek ,belum tentu menang kalau adau lari dengan pelari maraton yg punya napas lebih panjang dan stamina lebih lama.ini seperti reksadana yg masuk dalam kategori terbaik dalam jangka pndek ,tapi tidak masuk dalam kategori terbaik dalam jangka panjang.maka yg harus dilakukan dalam memilih reksadan adalah di sesuiakan dengan tujuan dan jangka waktu investasi kita sendiri .apakah kita ingin berinvestasi  dalam jangka pendek alias spirit ,atau kita ingin berinvestasi dalam jangka panjang atau maraton.

dinamika ini bukan saja terjadi pada reksadana konvensional tapi juga terjadi pada reksadana syariah yg tabelnya bisa di lihat.

perlu di ingat betul betul bahwa penilaian 10 reksadana  terbaik dalam setiap  kategori di atas adalah berdasarkan kenaikan nilai aktiva bersih perunit saja,tidak mempertimbangkan variabel variabel lainya.dan penilaina ini dilakukan pada akhir agustus 2014,di mana jika penilaian dilakukan pada saat yg berbeda ,hasilnya juga bisa jadi berbeda pula.

kehilangan cahaya

perumpaan mereka seperti orang memetik api. ketika menjadi terang ke adaan di sekeliling mereka,allah hilangkan cahaya  tersebut dan meninggalkan mereka dalam kegelapan yg mereka tidak dapat melihat.(qs albaqarah :17)

nanang sempet bingung ,mau datang apa saja enggak pernah jadi ,setiap kali ke untungan sudah di depan mata,ada ada saja kejadian yg menghalangi ,seperti yg terjadi terakhir ini,pamanya nanang ,yg tinggal di bilangan bintaro ,sudah mantap untuk  memberikan modal baginya .modal untuk dagang  lagi seperti dulu  berdagang buah di pasar tradisional angke, hari itu ,sebenarnya dia sudah tinggal  mengambil uang  tempat sang paman,siapa sangka ,ternyata hari itu persis dengan pengumuman umptn  dan anaknya paman di terima .walhasil ,beliau mementingkan  anaknya dulu ketimbang nanang .dan nanang ?enggak jadi lagi dagangnya.

ah,gagal terus ”tutur nanang agk prustasi ,apa gara gara saya dulu suka nipu ,ya”pkirnya,tapi dia masih kurang yakin.nanang akui ,dia banyak nyusahin  orang banyak ngebohongin orang,banyka ngerugiin orang.tap,apa bener itu yg membuatnya serba menolak ?

ketika di adukan kpd cang haji muhidin apa yg terjadi belakangan ini  dan apa yg dirasakanya .cang haji membenarkan ”selama km belum tobat ,selama itu pula kamu kan kehilanhan harapan demi harapan ”

kok bisa?

ya,perbuatan buruk di tamsilkan alloh sebagai perbuatan yg mematikan cahaya .ibarat memetik api ,ketika mulai ada apinya ,api itu mati ,dan begitu seterusnya .perbuatan buruk juga sedikit demi sedikit  menutup keberkahan langit dan mempersempit langkah ”

kan itu dulu (maksudnya ,nipunya itu dulu)sudah lama enggak nipu ,kan tidak identik dengan sudah tobat .begini kalu kamu buang air besar ,lantas kamu jalan  begitu saja ,alias enggak cebok ,kira kira bau enggak?

bau lang cang!”

kan,uadah enggak buang air lagi?

oh,gitu maksudnya .jadi harus tobat nih ?

cang haji sih,berpendapat begitu”

cang haji nerangin kalu kebanykan berbuat dosa ,hidup jadi gelap .jadinya susah kayak nanang tadi ,mau uasha apa aja mentok .masalah hadir silih berganti .masih untung seperti nanang yg cepet merasa ,cepet sdar ada yg enggak beres.coba kalu engak sadar sadar ?akan semakin lama bangkitnya.

tapi kamu juga harus selalu berpikiran positif ,kalulah alloh kemudian  belum memberikan kamu jalan setelah kamu bertobat,bawa saja ia kpd pemikiran bahwa mungkin itulah yg terbaik bagi kamu .allaoh akan ,maha tau yg terbaik.yg enggak boleh putus  adalah ihktiar  dan doa nya.cang haji sih,ngedoain supaya kamu cepet bangkit lagi .enggak kayak orang yg mantik rokok pake korak api,yg setiap di pantik tuh,korek mati lagi,mati lagi”cang haji nambahin.

nanang sadar ,mungkinkarena ia banyak nyusahin orang kini kesusahan tersebut  di pergilirkan tuhan .nanang juga sadar  kalu mau membuka pintu pintu langit harus dengan jalan tobat dulu .kemudian ihktiar lagi dan sabar .bisa jadi,enggak ketemu ketemu jalan sebab alloh yg maha memberi petunjuk belum berkenan memberikan jalan .

jalan keluar milik alloh,begitu juga dengan jalan jalan kemudahan ,hanya milik alloh.

siang itu terang.

siang itu terang ,jangan kau gelapkan  dengan perbuatan mu.bumi alloh tiu luas,janga kau persempit dengan sebab langkah salah mu.

dan siapa yg berpaling dari peringatan ku,maka  sungguh nya baginya kehidupan yg sempit”Qs thaaha:124)

mantap.

bang pardi sudah sebulan ini tidak terlihat batang hidung nya di kampung ke tapang.luqman sendiri,meski rumahnya hanya  berjarak 2-3 rumah,tidak pernah melihatnya.

”cang haji tahu kali ke mana  perginya bang pardi ? tanya luqman  pada cang haji muhyidin.

tanya sana ,sama istrinya”jawab cang haji sekenanya bahkan cukup ketus.luqman nanya pas beliau sedang ngepell mushalla.

rupanya,beliau sedang kesel ,lantaran anak muda kampun ketapang banyak ,tapi tidak ada yg peduli .pada kebersihan mushalla nurul iman,mushalla di kampung ke tapang pinggir kali”boro boro ikut ngebersihin, mengokin buat solat magrib aja jarang”begitu suatu ke tika  cang haji mengeluh dan luqman  jadi malu sendiri sebab luqman juga sadaria sendiri termasuk orang orang malas yg di gerutuin cang haji.

tapi,kemudian cang haji sadar juga akan keketusan jawabanya.akihirnya ,dia percepat ngepelnya dan balik nanya sama luqman,”iya tuh,si pardi ,kemana ya?nanya sama nyai hajah hani{neneknya pardi) jawabanya pasti enggak tahu.

dia kan sebodo amat sifatnya.sedangkan nanya sama istrinya,enggak enak”

bukan apa-apa cang haji,kalau kita enggak tanya ,nanti katanya enggak punya kepedulian sama tetangga.lagian,dia kan masih terhitung sodara,ya,kan?kata luqman.

”iya juga,sih.dulu juga ia pernah  begini,nih ngilang lama banget .baik baik ,udah tiga bulanan.anak istrinya di biarin begitu aja.enggak tahunya ,dia lagi di uber uber kong anin!

ngapain kong anin nguber nguber dia?tanya luqman dengan nada bercanda.

pardi pernah berbuat salah ,ngegadein motor engkong anin,dia ketakutan sendiri.padahal sih ,kong aninya enggak apa apa, asal si padi minta maaf,nah mungkin sekarang dia bikin ulah lagi kali”cang haji menebak.

akhirnya,memang benar ,lama lama ,banyak yg datang ke rumah pardi .datangnya bikin tetangga pada bertanya .ada yg datang pas subuh subuh ,ada yg datangnya tengah malam,bahkan ada yg nginep .kerena penasaran ingin ketemu dengan dia,semuanya yg datang rata rata adalah orang yg mempunyai masalah dengan pardi.

pardi bikin ulah lagi.

inget cerita tentang pardi,luqman jadi inget kehidupanya sendiri,ia juga begitu ,bikin ulah terus ,jadi hidup selalu ”lari larian ”banka menghindar dari orang.

luqman jadi inget juga nasihat ayahnya,katanya sih hadist nabi,siang itu terang,jangan di gelapkan sama kelakuan kita.

memang betul,ada orang yg terus menerussembunyi ,ini kan,sama saja dengan menggelapkan kehidupanya sendiri,ada orang yg takut sama orang ,siapa saja diangapnya  sedang memperhatikan dia karena dia berbuat salah.berbuat salah sama satu orang,takutnya sama semua orang.ada orang yg ketakutan di setiap bunyi ketukan pintu atau di setiap dering telepon.disangka samua ketakutan pintu itu dan semua dering telepon,pasti sedang mencari dirinya.ada yg takut pulang ke rumah karena bayanganya pasti bahaya  kalo pulanh ke rumah.

pokoknya nyikas,orang salah enggak ada tenagnya  hidupnya jadi sempit  bin sumpek bin nyesek…

alloh dan rosulnya udah ngingetin ,jadi orang tuh yg lurus,nanti hidupnya juga lurus ,tenang.enggak gedabak gedebuk,makusudnya,enggak pusing.sebab bikin masalah ”kan bikin pusing.kalau enggak sengaja sih ,gampang menuntaskanya.tapi kalo sengaja dan berulang kali?apa lagi kalo maslahnya gede!pati ribet!

sejatinya ,tidak ada pelaku kesalahan atau dosa yg mendapatkan kehidupan yg baik,tidak ada pelaku kemaksiatan yg bisa meraskan manisnya  kemaksiatan yg sudah ia lokoni.tidak ada!kalau pun ada tentu sifatnta tentu sifatnya sementara ,setelah itu  kehidupan yg pahit  yg aka lebi banyak  ia rasakan.

buat apa bikin susH,kalau nanti jadi susah sendiri?buat apa bikin sulit?kalo nanti jadi sulit sendiri? mending hidup bener !ah diriku . malang nian dirimu ini,hidup berbalut kesusahan lantaran menusahkan banyak orang.

kalau menanam cabai,mana mungkin berbuah mangga

masih ingat pepatah berikut,siapa menabur angian,dia akan menuai badai?”inilah pepaah yg cukup pas menggambarkan hukum sebab akibat dari setiAP perbuatan kita.orang baik akan di balas dengan kebaikan,orang jahat akan mendapatkan kejahatan yg di perbuatnya.

dunia ini di ciptakan allah lengkap dengan aturan main, yg telah di aturnya lewat sunnatullahnya.siapa pun tidak akan bisa lolos dari  hukum sebab akibat,keculai siap yg allah kehendaki.boleh saja seseorang tertawa  sebab baru saja berhasil merampok nasabah bank,misalnya.tapi sejurus kemudian ia tidak bisa tertawa.bisa saja kemudian uang rampokanya habis ,sedangkan ia terlanjur hidup hura hura  sehingga melakukan lagi perampokan,lah karena modus oprasinya sama kebetulan sedang dalam intaian , ia tertangkap.habislah tertawanya.

banyak lagi rekaman peristiwa hukum sebab akibat.resahnya seorang kuruptor  yg merasa nywanya sedng di ujung tanduk ,cerita tentang seseorang yg pelit dan kikir ,lalu saat dia berada dalam posisi sulit ,tidak ada seorang pun yg bersedia membantu.

pernah di kisahkan satu cerita teragis  dalam salah satu tulisan wisata hati.alkisah,ada seorang bapak ,katakanlah namanya jack (24 taahun).suatu hari ,libido seksual jack meningkat ,sedangkan jack tidak beristri dan tidak dapat menahan diri.terjadilah perkosaan yg berujung pada kejadian yg memilukan.hanun(nama samaran),18 tahun yg menjadi korban ,memilih bunuh diri  karena malu dan shok  yg berkepanjangan akibat menjadi korban pemerkosaan.atas peristiwa itu jack di penjara.

sepuluh tahun kemudian ,ketika jack berumur 34 tahun dan dia telah di bebaskan ,dia menikah .tragedi mengenaskan sudah dia lupakan .dia pun menyangka alam juga sudah melupakanya .siapa sangka sejarah berulang  dan kali ini pemain sandiwara  kehidupan  yg serupa di mainkanoleh putrinya .pada usia jack mencapai 55 tahun ,ptrinya berumur 19 tahun.jack bersiap siap menikahkan putinya itu.namun seminggu menjelang hari pernikahan ,putrinya di perkosa orang .dari sinilah malapetaka di mulai

jack saat itu mempunyai pikiran yg sangan gelap .dia begitu yakin,sejarah sedang mempertontonkan  kelakuan buruknya lewat kejadian yg menimpa putrinya .ia iangat nasib hanum,korbanya dulu yg meninggal bunuh diri.ia tidak mau hal yg sama terjadi pada putrinya.

setelah peristiwa itu ,putri jack menjadi trauma.pernikahan terpksa di undur ,makin lama,keadaan putri jack semakin buruk .terkhir terdengar kabar,putri jack memilih jalan yg sama dengan yg di pilih hanun.putri jack bunuh diri juga.!

tambah menenaskan ,ketika jack sadar putrinya itu satu satunya keturunan yg ia miliki ,sedangkan ia sudah berusia 55 tahun.usia yg sudah cukup tua unuk memiliki lagi seorang anak .akhirnya ,jack pun menjalani kehidupan dengan rintihan yg memilukan ,yg kesedihan tiada  bertepi.

saudara,kalulah kita yg berbuat salah ,lalu hukamya  itu yg kita terima .hal ini tidk menyedihkan kita.tapi kalau terjadi seprti yg terjadi pada jack ,kepiluanlah yg ada ,jack memperkosa hanum,lalu hanum bunuh diri,tiga puluh satu tahun kemudian ,putri jack di perkosa,dan sang putri pun bunuh diri juga.aduhai ,betapa sejarah memang akan selalu terulang.

maka patut di ingat bahwa tuhan punya kalam,,manusia itu  tergadai dengan apa yg telah di lakuanya”hendaklah di perhatiakan,bila kejahatan yg kita lakukan ,kejahatan itulah yg akan menjadi teman hidup  sepanjang masa. bahkan berlanjut ke hari nisab .tapi bila kebaikan yg  kita lakukan ,kebaikan itu pula lah yg menemani kita  di hari perhitungan kelak.sekali lagi pikirkan ,kalaulah pohon cabai yg kita tanam ,tidaklah mungkin ia berubah mangga.

akhirnya,pilihan ujung kehidupan ada di tangan diri kita sendiri ,senyumankah yg kita pilih (baca kebahagiaan dan kesenangan )atau tangiasan yg menyayat hati (baca kesengsaraan dan kepedihan)hal hal yg baik hanya di kuasakan tuhan,kpd mereka yg baik baik.

keberadaannya  sehingga  tidak  bisa  dikuburkan,  maka  dihitung  sejak  meninggalnya.

Adapun  acara  lainnya  seperti  acara Empat  puluh  Hari (matang puluh), seratus Hari (Nyatus)  atau  hitungan  hari  tertentu  sejak  kematian  mayyit, maka  itu  merupakan  adat  istiadat,  yang  jika  diisi   dengan  kebaikan  seperti  sadaqah,  tahlilan   dan  amar  makruf  nahi  munkar  maka  nukumnya  boleh, sebagaimana  pendapat  syekh  Nawawi  Al-Bantani  yang berkata        :sadaqah   untuk  mayyit  dengan  cara  yang  sesuai  dengan  syara’ itu  baik,   akan  tetapi tidak  harus  terikat  dengan  tujuh hari  atau  lebih  banyak.   kalau  terikat  dengan   hitungan  hari maka itu termasuk  adat,  menurut sayyid  Ahmad  Zaini  Dahlan.  Dan sudah  ada  kebiasaan   masyarakat  berupa  sadaqah untuk  mayyit  pada hari ketiga, hari ketujuh,  hari  kedua puluh,  hari keempatpuluh   dan  hari  keseratus  dari  kematian  mayyit.  sesudah  itu dilakukan  acara  Haul  setiap  tahun  tepat  pada  hari  kematian mayyit,  sebagaimana  di- fatwa-kan  oleh   syekh  yusuf  As-sambalawini. jadi  yang  terpenting  adalah  isi  dari  sebuah  acara,  bukan  kerangkanya.   meskipun  kerangka itu berasl dari  adat  istiadat, tetapi  jika diisi   dengan  kebaikan,  maka  akan  menjadi  kebikan  pula,  selama  kerangka  itu  bukan  hal  yang  dilarang  oleh syara’.

E. Tahlilan pada Acara Tahunan(haul)

Adapun  tahlilan   pada  waktu  setahun  sesudah kematian  atau  peringtan  haul (setahun)  dari  kematian  mayyit  maka  hal itu  sebenar nya berasal  dari  perbuatan  Nabi SAW  yang selalu  mengunjungi  tempat  pemakaman  para  syuhada  di gunung  uhud   setiap  tahun,  sebagai mana tertulis  di dalam hadits berikut  ini

“Dan Al-Baihaqi  meriwayatkan  dalam  kitab   As-Syu’ab’,  dari  Al-waqidi, dia berkata :  Nabi SAW menziarahi  para  syuhada’  di uhud setiap  tahun (haul).   Dan  apabila sudah  sampai (di ubah)  beliau mengeras kan  suaranya  kemudian  mengucapkan  :  “keselamatan  untuk  kamu(wahai syuhada  uhud),   sebab kamu  telah  bersabar.  maka  alangkah  baiknya tempat  kesudahan  itu”  (Q.S   Ar-Ra’du  24).  kemudian Abu Bakar  setiap tahun (haul) melakukan  hal semacam itu,   kemudian  umur,  kemudian  utsman.  fatimah RA  mendatangi  uhud   dan berdoa.  sa’ad  bin Abi waqqash  mengucapkan  salam  kepada  ahli  uhud,  lalu menghadap  kepada teman-temannya  dan berkata  : tidakkah  kamu mengucapkan  salam  kepada  kaum (ahli kubur di uhud)  yang  menjawab  ucapan salam kamu?”.

jadi, peringatan  haul itu berasal  dari  kebiasaan Nabi  SAW dan para  sahabatnya,  kemudian  dilanjutkan  oleh  ulama  mutaakhkhirin,

dan  pada  akhirnya  menjadi  kebiasaan  kaum  muslimin  dari  golongan  Ahlissunnah Wal jamaah pada tiap  periode zaman hingga  sekarang. Dan karenanya tidak dapat di anggap  bid’ah yang sesat atau khurafat.